Jakarta, www.aman.or.id - Abdon Nababan penerima penghargaan internasional Ramon Magsasay Award 2017, kategori Community Leadership karena dianggap sebagai pemimpin yang membawa perubahan. Abdon menjadi suara dan wajah bagi Masyarakat Adat di Indonesia. Abdon berhasil menghadirkan wajah Masyarakat Adat dalam negara Indonesia. Rekam jejak perjuangannya sudah lebih dari 30 tahun, sejak Indonesia di bawah rezim militeristik era Soeharto.

Saat ini, Abdon Nababan adalah Wakil Ketua Dewan AMAN Nasional setelah 10 tahun memimpin AMAN sebagai Sekretaris Jenderal AMAN 2007 -2017. Dalam periode kepemimpinannya, Abdon telah berkontribusi positif terhadap perjuangan hak-hak Masyarakat Adat di negara ini. Beberapa di antaranya adalah Putusan Mahkamah Konstitusi no. 35/PUU-X/2012 tentang Hutan Adat, pencantuman peta wilayah adat sebagai peta tematik oleh Badan Informasi Geospasial, dan Inkuiri Nasional oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tentang pelanggaran hak-hak Masyarakat Adat di kawasan hutan.

Untuk mewujudkan misi Masyarakat Adat yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya, maka AMAN sedang mendorong aktif pengesahan Undang-Undang Masyarakat Adat. Pemerintah dan DPR RI telah sepakat dalam rapat kerja di Badan Legislasi DPR RI (19/7) untuk menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-undang Masyarakat Adat dalam sisa masa kerja DPR RI periode 2018-2019. Rukka Sombolinggi - Sekjen AMAN

Writer : Rukka Sombolinggi | Jakarta