Badung, Bali, www.aman.or.id – Gerai Nusantara cabang Bali telah resmi dibuka dalam Kawasan Geo Open Space, Jl. Raya Kedampang 77X Kerobokan Kelod, Badung, Bali pada Rabu, 21/11/2019 lalu. Gedung yang digunakan sebagai outlet Gerai Nusantara Bali adalah bekas pasar modern di Kawasan Kedampang, Denpasar. Dengan menampilkan pemandangan yang masih alami dan banyak terdapat area persawahan menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk ke outlet Gerai Nusantara(GN).

Area yang luas dan sering digunakan untuk penyelenggaran event dengan konsep indigenous peoples and environmentally friendly ini sangat cocok dengan inovasi yang akan ditampilkan oleh Gerai Nusantara Bali. Pengelola Gerai Nusantara, Rina Agustine mengatakan kedepannya teman-teman yang akan mengurus GN Bali ini akan melihat model pasar di Bali bagaimana sehingga bisa berinovasi. Jadi kain-kain atau anyaman yang ada di GN bisa diolah menyesuaikan dengan pasar yang ada di Bali. Akan banyak event yang diikuti oleh GN Bali, tapi dengan tetap mengusung tagline Gerai Nusantara sebagai Rumahnya Produk Masyarakat Adat.

Baca juga: Gerai Nusantara Resmi Buka Cabang di Bali

Sejak berdiri di tahun 2015, Gerai Nusantara sudah memiliki satu outlet yang bertempat di Bogor, Jawa Barat dan sudah melakukan penjualan online (marketing online) melalui online shop Tokopedia untuk memasarkan produk-produk komunitas adat. Outlet terbaru ditargetkan memiliki harapan yang tinggi pada GN cabang Bali.

Ketua Koperasi Produsen AMAN Mandiri (KPAM), Arifin Saleh atau yang biasa disapa Monang mengatakan bahwa target yang diharapkan lewat soft launching ini adalah agar produk-produk Masyarakat Adat bisa lebih dikenal dan luas pasarnya.

“Memilih Bali, menurut analisis yang kita cermati dan pelajari, sangat potensial dan bisa masuk produk Masyarakat Adat. Ini kita wujudkan bisa sukses dan menargetkan pendapatan yang lebih untuk Masyarakat Adat, dan bisa diterima oleh pasar baik nasional dan internasional”.

Selain menargetkan pendapatan berlebih dari outlet baru ini, GN Bali sebagai salah satu unit usaha KPAM diharapkan bisa berkontribusi untuk penggalangan dana di AMAN agar dapat mandiri secara pendanaan dan memperkuat Masyarakat Adat sebagai garis depan perekonomian.

Sejak diresmikan dalam bentuk Soft Opening kemarin, GN Bali akan beroperasi dari hari Senin hingga Jumat Pkl.10.00 – 18.00 WITA, dan juga memberikan diskon menarik hingga 25% untuk pelanggan yang datang ke outlet yang bertempat di Geo Open Space, Jl. Raya Kedampang 77X, Kerobokan Kelod, Badung – Bali.

Titi Pangestu

Writer : Titi Pangestu | Jakarta