Oleh Titi Pangestu

Kehadiran rombongan AMAN disambut baik oleh para perwakilan dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ketika melakukan audiensi ke kantor Kemendagri di Jakarta pada Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama sekitar satu jam tersebut, rombongan AMAN yang diwakili oleh Ketua I Panitia Pelaksana Eustobio R. Renggi, Koordinator Sarasehan Mina Susana Setra, dan anggota tim lain dari panitia persiapan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI menyampaikan perihal rangkaian acara KMAN VI yang dilakukan pada Oktober 2022 mendatang.

Kami juga mengundang pihak pemerintah lain untuk terlibat dalam sarasehan-sarasehan yang kami adakan di KMAN VI, di mana pada dua hari pertama sebelum KMAN VI, akan ada total 24 sarasehan (12 sarasehan per hari) dengan tema beragam yang diselenggarakan secara paralel, termasuk diskusi tentang pemetaan wilayah adat, penguatan ekonomi komunitas Masyarakat Adat, dan lain-lain.

“Kami berharap Kemendagri pun dapat mendukung KMAN VI yang akan berlangsung di Papua,” ucap Mina Susana Setra.

Audiensi rombongan AMAN ke Kemendagri. Sumber foto: Dokumentasi AMAN.

Menanggapi hal tersebut, Hartono dari Direktorat Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Ditjen Polpum, mengatakan bahwa permintaan tersebut akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Ia mengutarakan, untuk penempatan pihak dari Kemendagri untuk sarasehan-sarasehan, silahkan diatur sesuai dengan tema yang tepat. Ia juga menambahkan bahwa kepentingan Mendagri untuk datang ke KMAN VI nantinya, mesti ada tindak lanjut lagi dari pihak AMAN.

Kami akan tunggu kabar baik dari AMAN,” ucap Hartono. Tak lupa ia juga ikut memberikan dukungan dan doa restu. “Sukses untuk Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Setelah ditetapkan dalam Rapat Pengurus Besar (RPB) AMAN XXVIII, KMAN VI mengusung tema “Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk Menjaga Identitas Kebangsaan Indonesia yang Beragam dan Tangguh Menghadapi Krisis.” KMAN VI akan berlangsung pada 23-28 Oktober 2022 di Komunitas Masyarakat Adat Tabi, Papua. Penetapan atas lokasi berlangsung KMAN VI tersebut sebelumnya telah diputuskan pada KMAN V di Tanjung Gusta, Sumatera Utara pada 2017 silam.

***

Tag : KMAN VI Papua SahkanRUUMasyarakatAdat Kemendagri