Oleh Titi Pangestu

Setelah melakukan serangkaian kunjungan ke pihak pemerintah dalam rangka persiapan penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI, delegasi AMAN kemudian meninjau tempat yang akan menjadi (salah satu) lokasi berlangsungnya KMAN VI di Kampung Hobong, Sentani, Jayapura, Papua pada Kamis (25/11/2021).

Selain Kampung Hobong, masih ada beberapa kampung di sekitarnya yang rencananya akan digunakan sebagai tempat tinggal para peserta dan juga lokasi bagi sarasehan. 

Sambutan hangat dan khas Masyarakat Adat dirasakan rombongan saat tiba menggunakan speed boat untuk mencapai Kampung Hobong. Dewan AMAN Daerah (DAMANDA) Jayapura sekaligus sebagai Ketua Kelompok Komunitas Perempuan Adat Kampung Hobong (KOMPAK) Dolvince Mehue mengatakan, "Suatu kehormatan besar bagi kami karena kampung kami diplih sebagai lokasi KMAN VI. Kampung ini melahirkan sebuah sejarah yang kelak akan mengampanyekan AMAN ke seluruh Tanah Papua."

Kampung Hobong juga menjadi lokasi Musyawarah Daerah Pertama bagi Pengurus Daerah AMAN Jayapura beberapa waktu lalu.

"Bagi kami, tidak asing kedatangan tamu. Mereka bagi kami adalah kakak, adik, saudara yang harus kami sambut dengan hangat dan kami perlakukan sebaik-baiknya. Kami bersukacita menyambut KMAN VI nantinya,” ujar Dolrince. 

Para perempuan adat anggota PEREMPUAN AMAN yang turut hadir di Kampung Hobong. Sumber foto: Dokumentasi AMAN.

Menanggapi sambutan hangat tersebut, Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Masyarakat Adat. "Terima kasih sudah menyambut kami dengan tangan terbuka. Datang ke sini seperti pulang ke kampung sendiri. Semuanya menyambut dengan sangat luar biasa dan hangat."

Rukka juga mengatakan bahwa tujuan rombongan datang ke Kampung Hobong adalah meminta izin untuk kelak dijadikan lokasi KMAN VI. "Nanti akan ada kedatangan saudara-saudara kami dari seluruh pelosok Nusantara untuk bersama-sama menyelenggarakan KMAN VI. Kami berharap nantinya kedatangan kami dianggap sebagai saudara yang disambut saudara, yang diperlakuan seperti saudara. Kami tidur di tempat tinggal yang ada di sini dan makan makanan yang dibuat dari dapur yang sama."

Ketua PEREMPUAN AMAN Devi Anggraini yang datang bersama rombongan dalam sambutannya juga mengatakan bahwa ke depannya perempuan adat harus bisa menunjukkan secara kuat peran perempuan adat yang berada di kampung.

"Saya ingin mengenal lebih dekat dengan perempuan-perempuan adat yang ada di sini. Ingin saling berkenalan dengan PEREMPUAN AMAN yang nantinya secara bersama-sama memperkuat peran perempuan adat," kata Devi. 

Anak-anak adat yang sedang mementaskan seni musik dan tari. Sumber foto: Dokumentasi AMAN.

KMAN VI direncanakan akan berlangsung pada 23-28 Oktober 2022 di Wilayah Adat Tabi, Jayapura dengan tema "Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk Menjaga Identitas Kebangsaan Indonesia yang Beragam dan Tangguh Menghadapi Krisis." Kepala Suku Kampung Hobong dan para perempuan adat penggerak pun siap menjamu siapa pun yang hadir dalam KMAN VI. 

***

Tag : KMAN VI Papua Danau Sentani Kampung Hobong