Oleh Andre Tandigau

Asbudi Dwi Saputra selaku Ketua Bawaslu Kota Palopo menerima kunjungan dari para pengurus AMAN Tana Luwu di Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada Kamis, 12 April 2023.

Asbudi mengatakan bahwa tujuan kunjungan tersebut, adalah untuk berkoordinasi dan menyampaikan kalau AMAN Tana Luwu telah terakreditasi di Bawaslu RI sebagai salah satu lembaga pemantau pemilu di wilayah Kota Palopo.

“Dengan adanya lembaga pemantau pemilu sebagai salah satu mitra strategis Bawaslu  dalam mengawasi penyelengaraan pemilu, sehingga dapat meningkatkan kualitas penyelengaraan pemilu pada 2024," ujar Asbudi.

Ia juga menyampaikan ke Ketua AMAN Tana Luwu Irsal hamid dan Palindugan Tandigau selaku Koordinator Pemantau Pemilu AMAN Tana Luwu, bahwa ke depan setiap kegiatan Bawaslu Kota Palopo akan melibatkan pemantau pemilu yang terakreditasi di wilayah tersebut untuk penyamaan persepsi dan penguatan kerja sama antara Bawaslu dan lembaga pemantau pemilu.

Ketua AMAN Tana Luwu juga menyampaikan kepada Ketua Bawaslu Kota Palopo bahwa itu juga menjadi salah satu mandat organisasi yang dihasilkan pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam (KMAN VI) di Jayapura, Papua, untuk bisa terlibat langsung dalam pemantauan pemilu serta menjadi mitra strategis Bawaslu dalam mengawasi pemilu tahun depan.

***

Writer : Andre Tandigau | Tana Luwu
Tag : AMAN Tana Luwu Pemilu Bawaslu