Oleh Acung

Anggota DPRD Kabupaten Balangan Supianor terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Harian Daerah Aliansi Masyarakat Ada Nusantara (AMAN) Balangan periode 2024-2029.

Putra asli daerah asal Desa Mamigang, Kecamatan Halong ini dipilih oleh perwakilan para tokoh Balai Adat se-Kabupaten Balangan dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke III AMAN Balangan di Aula Mayang Maurai pada Kamis, 17 Juli 2024. Di Musda ini, Bupati Balangan Abdul Hadi juga diangkat sebagai Penasehat PD AMAN Balangan.

Pelaksanaan Musda yang berlangsung sehari ini turut dihadiri Ketua PW AMAN Kalimantan Selatan Rubi, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, Camat Halong, para Kepala Desa dan tokoh adat se- Kabupaten Balangan.

Supianor dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tokoh adat yang telah memberikan amanah pada dirinya untuk mengemban tugas mulia ini. Supianor mengajak semua pengurus dan Masyarakat Adat untuk terus berjuang dalam mengupayakan perlindungan dan pemberdayaan Masyatakat Adat menjadi lebih baik ke depan. Ia yakin dengan soliditas dan kekuatan yang dimiliki komunitas Masyarakat Adat saat ini, segala bentuk perjuangan Masyarakat Adat dalam memujudkan terbentuknya  Peraturan Daerah (Perda) tentang pengakuan hak dan perlindungan Masyarakat Adat akan lebih mudah terwujud.

“Saya yakin itu, apalagi Bupati Balangan telah bersedia menjadi penasehat dalam organisasi ini,” kata Supianor penuh semangat.

Ketua PW AMAN Kalimantan Selatan, Rubi mengatakan pelaksanaan Musda III AMAN Balangan patut diapresiasi karena berlangsung sukses. Rubi menyatakan Musda ini menjadi sangat berharga bagi kader dan pengurus AMAN Kabupaten Balangan. Sebab, Musda ini telah melahirkan Ketua PD AMAN Balangan yang baru.

Rubi menyebut Ketua PD AMAN Balangan yang baru terpilih ini merupakan putra daerah asal Kecamatan Halong. Ia juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Balangan. Menurutnya, AMAN Balangan patut berbangga punya seorang pemimpin yang notabene anggota DPRD.

“Kapasitasnya sebagai anggota DPRD diharapkan bisa menjadi penopang terwujudnya hal-hal yang baik untuk perjuangan Masyarakat Adat ke depan,” ujar Rubi.

Diakuinya, terpilihnya Supianor sebagai Ketua AMAN Balangan tentu menjadi semangat dan tumpuan baru bagi organisasi AMAN dan Masyarakat Adat Balangan.  Pasalnya, sebagai  putra daerah asal komunitas Masyarakat Adat di Kecamatan Halong, Supianor diyakini mampu menakhodai AMAN Balangan ke arah yang lebih baik. Ia juga diharapkan bisa mendorong lahirnya Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Balangan yang sudah lama dinanti oleh Masyarakat Adat.

“Lebih kurang 15 tahun sudah AMAN Balangan menantikan Perda tentang hak dan pengakuan Masyarakat Adat. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda dari pemerintah untuk menerbitkan Perda tersebut,” terangnya.

Rubi menyebut ini tantangan bagi Ketua AMAN Balangan terpilih untuk bersungguh-sungguh menjalankan amanah dalam mewujudkan harapan Masyarakat Adat. 

“Jangan sia-siakan amanah Masyarakat Adat ini,” tegasnya.

Pemerintah Daerah Mendukung

Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Anang Suriani mengucapkan selamat atas terpilihnya Supianor sebagai Ketua AMAN Balangan. Anang menyatakan dukungannya terhadap kepengurusan AMAN Balangan yang dipimpin Supianor.  Ia juga menambahkan siap bekerjasama dengan AMAN Balangan dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Adat.

“Pemerintah Daerah mendukung penuh segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Adat, selama tujuannya untuk kebaikan pasti kita dukung,” terangnya.

 ***

Penulis adalah Jurnalis Masyarakat Adat dari Kalimantan Selatan

Writer : Acung | Kalimantan Selatan
Tag : AMAN Kalimantan Selatan Musda