Jakarta, www.aman.or.id - Hari ini Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) menggelar aksi spontan turun ke jalan mengajak masyarakat agar berdonasi untuk para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Aksi donasi yang masih berlangsung saat ini berada di Taman Honda, Tebet, Jakarta Selatan. Di dalam orasinya, Haryanto dari PB AMAN mengajak masyarakat sekitar untuk memberikan empatinya kepada para korban gempa di Lombok.

“Kita menyampaikan situasi dan bencana yang ada d lombok, kemudian menggugah dan mengajak pengunjung seperti di Taman Honda Tebet tadi,” ungkap Haryanto. Sedangkan Bestari Alun Mondial dari BPAN, menjelaskan bahwa aksi ini akan di lakukan selama 2 hari, yaitu sabtu dan minggu. “Dengan adanya aksi, diharapkan kesadaran dari kita semua untk memberi dukungan dan motivasi bagi para korban bencana alam,” jelasnya. Aksi solidaritas ini meski tidak berlangsung lama, telah berhasil membangkitkan rasa empati masyarakat sekitar turut menyisikan uang sebagai donasi, bahkan para penjual makanan yang mangkal disekitar Taman Honda ikut menyumbangkan uang hasil jerih payahnya.

Rencananya, aksi solidaritas akan dilanjutkan ke lapangan Monas dan kawasan Kota Tua, Jakarta Pusat. Sebelumnya (29/07) gempa tektonik berkekuatan 6,4 SR telah menghantam wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa, dengan episenter gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 24 km. Eka Hindrati-Infokom PB AMAN

Writer : Eka Hindrati | Jakarta