Jakarta (1/8), www.aman.or.id - Pengurus Wilayah AMAN Nusa Tenggara Barat (NTB), Pengurus Daerah (PD) AMAN Paer Raya, PD AMAN Lombok Tengah, PD AMAN Lombok Timur beserta organisasi sayap (BPAN dan PEREMPUAN AMAN), sejak kemarin melakukan pendistribusian bantuan logistik korban gempa yang tersebar di PD AMAN Lombok Utara, PD AMAN Lombok Timur dan PD AMAN Sembalun.

Sebelumnya Ketua BPH AMAN NTB Lalu Prima W. Putra mengatakan AMAN dan organisasi sayap AMAN fokus bicara kesiapan posko masing masing Pengurus Daerah dan strategi pelayanan, penggalangan dana.

Mereka bahu-membahu membantu korban bencana gempa bumi. Sejak Minggu (28/7) hingga hari ini Pengurus AMAN Wilayah NTB terus bergerak membantu para korban, khususnya komunitas anggota AMAN.

baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 SR Menghantam Lombok, Bali & Sumbawa

Sementara itu, Pengurus Besar AMAN turut memberikan dukungan melalui Direktur Dukungan Komunitas Annas Radin Syarif. Ia mengirimkan dukungan untuk Posko AMAN Peduli Gempa Nusa Tenggara Barat.

“Kita memberikan dukungan itu sesuai dengan arahan Sekjen AMAN dan sesuai tupoksi Direktur Dukungan Komunitas PB AMAN,” jelas Annas.

Untuk memudahkan koordinasi antarposko, Annas mengusulkan agar dibentuk koordinator, keuangan, tim lapangan, data dan informasi. Koordinator memimpin semua operasi dan penggalangan sumber daya dan dana. Sementara keuangan mengelola uang dan bantuan yang masuk, termasuk logistik yang akan didistribusikan. Tim lapangan melakukan layanan dan up date informasi dari lapangan dan penanganan jika ada kebutuhan-mendesak mendesak. Data dan informasi menyediakan data dan informasi yang diperoleh dari lapangan dan analisis.

“Usulan ini saya maksudkan agar memudahkan kerja-kerja penanganan bencana. Setiap posko jelas pembagian tugasnya dan tetap terkoordinasi satu sama lain,” katanya.

Bantuan PB AMAN sudah disalurkan secara langsung kepada Masyarakat Adat yang kena bencana gempa sejak selasa (31/7) kemarin. Adapun bantuan itu berupa sembako dan obat-obatan.

Selain dukungan dari PB AMAN, PW AMAN NTB dan semua PD AMAN se-NTB juga bahu membahu mencari bantuan secara swadaya dan sumbangsih anggota komunitas AMAN. Semua bantuan yang terkumpul kemudian disalurkan dan diterima komunitas anggota AMAN yang mengungsi. Mereka menerimanya secara langsung dari PW maupun PD AMAN se-NTB.

Tidak hanya itu, sejak Minggu (29/7), PEREMPUAN AMAN dan BPAN Wilayah NTB juga turut terjun ke lokasi membantu korban bencana dan memberikan perkembangan informasi dari lapangan.

Syahnil, Biro Infokom PW AMAN NTB, melaporkan saat ini baru lima komunitas di Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang mampu dikunjungi. Kelima komunitas tersebut antara lain Loloan, Bayan Beleq, Sukadana, Semokan dan Gumantar. Dukungan yang seadanya sejauh ini mereka manfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu para korban yang terkena gempa.

“Sejauh ini yang mampu kami kunjungi lima komunitas yang dukungannya bersumber dari PB AMAN dan mitra,” jelasnya.

Kondisi lapangan

Berdasarkan data lapangan sebagaimana dilaporkan Syahnil, ada 14 orang meninggal dunia, 162 orang menderita luka dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit dan di tenda pengungsian, serta ada 6277 KK yang terkena dampak gempa. Ada 491 rumah warga rusak dengan variasi: 311 unit rusak ringan dan 180 unit rusak berat. Lalu 1 Masjid kuno, 1 mushala dan 1 pura ikut rusak.

Berdasarkan pantauan dan dukungan PW AMAN NTB, PD AMAN se-NTB serta organisasi sayap dilaporkan terdapat 23 komunitas anggota AMAN yang terkena gempa dengan rincian sebagai berikut:

 

AMAN Daerah Sembalun

  1. Komunitas Adat Kemangkuan Adat Tanaq Sembalun
  2. Komunitas Adat Tanaq Sembalun
  3. Komunitas Adat Timbagading
  4. Komunitas Adat Krama Adat Ketapahan Desa Beleq
  5. Komunitas Adat Penraksa Gawar Kemaliq Gunung Selong
  6. Komunitas Adat Sembalun Lawang
  7. Komunitas Adat Krama Adat Sembalun Bumbung
  8. Komunitas Adat Krama Adat Desa Sajang
  9. Komunitas Adat Basan Biloq
  10. Komunitas Adat Dasan Kembar
  11. Komunitas Adat Kubur Nunggal

AMAN Daerah Lombok Timur sekitar Kecamatan Sambelie

  1. Komunitas Adat Batu Pandang

AMAN Daerah Lombok Utara sekitar Kecamatan Bayan

  1. Komunitas Adat Barong Birak
  2. Komunitas Adat Loloan
  3. Komunitas Adat Bayan Beleq
  4. Komunitas Adat Karang Bajo
  5. Komunitas Adat Anyar
  6. Komunitas Adat Sukadana
  7. Komunitas Adat Semokan Bayan
  8. Komunitas Adat Demung Akar-Akar
  9. Komunitas Adat Salut
  10. Komunitas Adat Gumantar
  11. Komunitas Adat Sesait

Sementara itu kondisi terparah terjadi di komunitas Batu Pandang, Lombok Timur. Menurut laporan Syahnil, korban meninggal dunia ada sembilan orang di komunitas ini. kemudian ada di Lombok Utara, berada di delapan komunitas anggota AMAN.

Hingga hari keempat gempa susulan masih terus terjadi dengan skala setengah dari Minggu kemarin. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, warga memilih untuk berada di luar rumah. “Warga masih trauma,” ujar Syahnil.

Adapun kebutuhan yang saat ini paling dibutuhkan di lapangan selain makanan dan obat-obatan adalah pakaian, tenda, alas (tikar, terpal dll). Di antara pegungsi dewasa, terdapat juga bayi yang baru berusia tujuh hari. Ia turut mengungsi bersama ibunya. Keperluan untuk bayi berupa susu, makanan dan penjagaan kesehatannya menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Jakob Siringoringo - Infokom PB AMAN

 

 

 


 

BANK NTB

Cabang Utama Pejanggik

No. Rek : 001.22.05062.01-8

Atas Nama : BPH AMAN NTB

POSKO AMAN Peduli Gempa NTB:

Posko I Bencana Gempa Lombok AMAN NTB.

Alamat : Jln. Pendidikan no 49 Mataram Dasan Agung Baru Mataram/Gelanggang Pemuda NTB (Sekret DPD KNPI NTB, depan rumah Sekda NTB)

Narahubung : Abdul Majid (0818-0372-2467)

Posko II Bencana Gempa Lombok PW AMAN NTB

Alamat : Jln.Raya Montong Baan -Mataram Desa Montong Baan Kec. Sikur Kab. Lombok Timur

Narahubung : Syahnil (0813-3734-1443)

Posko III Bencana AMANDA Paer Daya Lombok Utara

Alamat : Jln. Raya Gangga-Bayan Dusun Karang Amor Desa Gondang Kecamatan Gangga Lombok Utara

email : dodik.ntb@aman.or.id

Narahubung : Dodik Sutikno (0823-3942-2288


 

Segala bentuk bantuan dan penyaluran bantuan akan kami informasikan melalui website www.aman.or.id

Writer : Infokom AMAN | Jakarta