Jakarta (17/10), www.aman.or.id - Sekretaris Jenderal AMAN Rukka Sombolinggi pagi tadi mendarat dengan selamat di Palu. Ia disambut seluruh tim relawan AMAN. Kehadiran Sekjen AMAN periode 2017-2022 itu bagi tim relawan, BPH AMAN Sulteng, para BPH PD AMAN dan komunitas AMAN se-Sulteng dinilai membawa hawa yang sejuk dan terang.

“Dengan kehadiran sekjen, kami merasa terharu,” ujar Rukmini Toheke.

Rukmini juga mengatakan bahwa Masyarakat Adat Namo, Bolapapu dan Lonca menyambut baik kedatangan Sekjen AMAN. Mereka sangat mengapresiasi kehadiran perempuan pertama yang jadi Sekjen AMAN tersebut.

Begitu tiba di Posko AMAN, Rukka mengatakan truk sudah standby dan tim relawan sudah sibuk berkemas. Hari ini lanjut drop logistik ke daerah Kulawi, katanya.

“Ya, Kulawi tidak banyak kedengaran di media, tapi daerah ini juga menderita dampak gempa yang cukup parah. Desa Boladangko, misalnya menderita kerusakan 100%”.

Hari ini (17/10), tim relawan AMAN mendistribusikan bantuan logistik ke Sigi, Kabupaten Kulawi. Mereka berangkat dengan tim penuh (full team). Mereka membawa logistik menggunakan 4 buah truk, 2 pick up, 1 buah mobil.

Seluruh rombongan bersama Sekjen AMAN yang berangkat berjumlah 40 orang, lengkap mengenakan baju merah lengan panjang bertuliskan: “Solidaritas untuk Sulteng”. Mereka mendistribusikan bantuan logistik kepada 11 komunitas: Namo, Bolapapu, Tangkulowi, Boladangko, Sungku, Mataue, Toro, Fimpu, Wangka, Lonca, dan Winatu.

Untuk mendistribusikan seluruh logistik terhadap 11 komunitas tersebut, Sekjen AMAN turut serta. Ia melebur menjadi bagian dari relawan yang turun langsung ke lapangan menyalurkan bantuan. Besok, Sekjen AMAN akan melanjutkan perjalanan ke Ngata Toro.

“Hari ini melaju dengan 4 truk, 1 pick up, 1 mobil dan rombongan motor, membawa Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi ke Kulawi,” kata Rainny Situmorang.

Adapun, lanjut Rainny, logistik yang kami bawa antara lain beras 3 ton, gula 1,5 ton, sabun, garam, minyak, popok, pembalut, peralatan masak, peralatan bertukang, pakaian layak pakai 148 karung, dan 4 unit bahan untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan obat-obatan.

[caption id="attachment_42437" align="alignnone" width="1160"] Truk pengangkut logistik ke Kulawi[/caption] [caption id="attachment_42436" align="alignnone" width="1160"] Relawan AMAN bersiap-siap membawa losgitik ke Kulawi[/caption] [caption id="attachment_42435" align="alignnone" width="1280"] Logistik[/caption]

Jakob Siringoringo

Writer : Jakob Siringoringo | Jakarta