Oleh Novi Yanti

Puluhan warga Masyarakat Adat Kutei Lubuk Kembang bergotong royong membersihkan lokasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AMAN VII yang akan diselenggarakan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Mereka siap menyukseskan kegiatan Rakernas AMAN VII pada 16-20 Maret 2023.

Wenni, Ketua BUMMA Rejang Lebong, menyatakan bahwa segala persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan Rakernas AMAN VII di Bengkulu. Salah satu persiapan yang sedang dilakukan, adalah membersihkan seluruh tempat yang akan dipakai untuk berbagai kegiatan Rakernas. Kegiatan bersih-bersih tempat Rakernas itu melibatkan warga sekitar. Menurutnya, warga senang Rakernas AMAN dilaksanakan di Bengkulu.

“Warga antusias membantu kegiatan Rakernas AMAN VII di Bengkulu. Mereka ikut bergotong royong membersihkan lokasi Rakernas,” kata Wenni di sela kegiatan gotong royong di Kutei Lubuk Kembang pada Minggu (5/3/2023).

Perempuan berusia 48 tahun itu menyatakan kalau gaung Rakernas AMAN VII telah semakin terasa hingga ke masyarakat. Warga bahu-membahu bersama Masyarakat Adat membersihkan parit, jalan, dan taman agar terlihat indah.

Alfian, Kepala Dusun II Kutei Lubuk Kembang, menyatakan bahwa dirinya dan masyarakat setempat merasa terhormat mengetahui tempat mereka akan dijadikan lokasi Rakernas AMAN VII. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan suatu momen langka bagi mereka.

“Kami tidak menyangka desa (yang) jauh dari kota ini akan jadi tempat pelaksanaan Rakernas AMAN. Ini suatu kehormatan bagi kami,” katanya.

Alfian menyatakan, mereka mendukung kegiatan Rakernas AMAN VII. Bahkan, banyak warga ikut menyosialisasikan kegiatan tersebut di tengah masyarakat.

“Kita sudah sosialisasikan kegiatan Rakernas AMAN ini lewat masjid atau hajatan. Kita sampaikan (kalau kita) akan banyak kedatangan tamu dari pengurus AMAN,” ujarnya sembari menerangkan bahwa sosialisasi itu sudah lama dilakukan, termasuk melalui surat edaran ke berbagai rumah ibadah dan sekolah agar mereka ikut membersihkan lingkungan dalam menyambut Rakernas AMAN VII.

Alfian mengatakan bahwa warga sudah siap untuk menyambut kedatangan para peserta. Menurutnya, antusiasme warga terhadap Rakernas AMAN, tinggi. Mereka pun secara sukarela ikut menyukseskan perhelatan tersebut.

“Seluruh warga di sini siap untuk menyukseskan Rakernas AMAN VII,” kata Alfian dengan penuh semangat. 

Sekitar 300 orang yang merupakan perwakilan komunitas Masyarakat Adat dan pengurus AMAN, termasuk berbagai organisasi sayapnya, akan hadir dalam Rakernas AMAN VII yang mengusung tema “Perkuat Resiliensi, Teguhkan Gerakan Politik Masyarakat Adat yang Berdaulat, Mandiri, dan Bermartabat.”

***

Penulis adalah jurnalis Masyarakat Adat dari Kutei Lubuk Kembang, Bengkulu.

Tag : Rakernas AMAN VII